30 Apr 2012

Filsafat Buddhist

                     BUDDHISME AWAL
 
Latar belakang Sejarah
Rgveda dibuat oleh orang – orang yang menempati lembah Indus pada waktu penyerbuan bangsa Arya. Namun penemuan para Arkeolog mengubah hal itu, karena penduduk asli yang berkulit hitam yang dikalahkan oleh bangsa Arya tidak dapat dianggap sebagai bangsa yang tidak berbudaya. Para cendekiawan membedakan aliran kebudayaan dan peradaban yang beraal dari bangsa Aryayang telah menjadi satu penampilan yaitu: yang dimulai dengan Upanisad. Kebudayaan bertapa tidak berasal dari kebudayaan bangsa Arya.
Para ahli Indologi menemukan adanya pandangan tentang alam yang bersifat antromorfik, seperti sifat ketuhanan, misterius, dan berkuasa serta menakutkan. Akibatnya muncul pemujaan yang menunjukan sifat illahi dan kepadanya manusia menggantungkan hidupnya. Max Muller menyebut tingkat ini sebagai Henotheisme, konsepsi dewa yang menjadi dua arah yaitu: monotheisme (prajapati dan Brahma) dan monisme ( Brahma –Atma). Persembahan yang dilakukan pada saat itu untuk maksud menampakan rasa terima kasih atas anugerah yang diterima.
Penekanannya sekarang berpindah dari pengorbanan atau upacara (karma) kepada pengatahuan atau jhana, dari pengetahuan akan dunia luar (loka) kepada pengertian tentang individu (atman). Yoga adalah penghapusan secara bertahap kesan – kesan indria dan juga nafsu rendah yang berkaitan dengannya seperti sifat tamak.
 “Kebanyakan cendikiawan hindu yang menulis tentang Buddhisme, bahwa: Buddha lahir sebagai orang hindu, hidup sebagai hindu, dan mati sebagai orang hindu”, sebagai umat Buddha yang seutuhnya mengenal ajarannya, harus jeli terhadap ungkapan seperti ini. Tanpa kita sadari tujuan dari ungkapan tersebut adalah untuk mengkaburkan ajaran Buddhisme yang sesungguhnya sehingga mengurangi minat para umat yang hendak mengikuti ajaran Buddha, karena menilai bahwa Buddhisme itu hanya “ jiplakan” dari agama hindu.
Dalam Upanisad awal tidak pernah ditegaskan bahwa Atman merupakan obyek dari persepsi ekstrasensori ( Abhinna). Tetapi menggunakan alasan ini, lalu menganggap apra ahli metafisika pada masa Upanisad awal sebagai kaum Rasionalis.
Sebelum kemunculan Buddhisme terdapat dua “sekolah”, yaitu:
  1. Ajivika dengan ajarannya “Kehidupan diukur dengan gantang, dengan kesenangan dan kesedihannya, dan dengan akhir yang ditetapkan” (kamasukalikanuyoga)
  2. Jainisme yang tergolong seluruhnya dalam tradisi pertapaan.
Hal yang paling menonjol dari setiap sekolah filsafat ini adalah adanya pengaruh kuat dari berbagai bentuk absolutisme.Adapun dua perbedaan dari golongan ini adalah:
Menurut kaum Ajivika materi sebagai realitas terakhir sedangkan kaum Jaina percaya bahwa keabadian maupun ketidak kekalan adalah ciri dari realitas terakhir.
Kontribusi Sang Buddha pada zamannya adalah; Buddha hadir diantara perkembangan Upanisad yang sedang berkembang pesat, mengangkat persamaan gender bagi kaum wanita dengan mentahbiskan wanita sebagai Bhikkhuni dan mempunyai kesempatan yang sama untuk mencapai tingkat kesucian.
Epistemologi
Epistemologi adalah cabang ilmu filsafat tentang suatu pengalaman spiritual yang telah dicapai oleh seseorang yang menuju ke arah perkembangan bathin. Pada waktu Gotama menerima meditasi yoga Ia telah menyadari akan adanya kekuatan ekstrasensori yang dapat dikembangkan, Gotama menyadari akan keterbatasan indria sebagai sumber pengetahuan. Namun oleh para petapa lainnya kekuatan ini disalahgunakan  dengan merumuskan teori metafisika tentang keadaan sesungguhnya dari realitas, meskipun sebenarnya teori tersebut tidak dapat disusun berlandaskan persepsi ekstrasensori.
Dalam Canki- sutta dari Majjhima – nikaya ditemukan  ada lima hal yang mempunyai muka dua  di dalam kehidupan ini. Apakah kelima hal itu?.................
·         Kepercayaan
·         Kesenangan
·         Wahyu
·         Perenungan yang dangkal
·         Persetujuan akan suatu teori
Tidaklah tepat bagi seseorang yang cerdas, melindungi kebenaran, untuk tiba pada kesimpulan (nittham) secara kategorik (ekasena) dalam hal ini bahwa hanya inilah yang benar dan selainnya keliru (idam eva saccam mogham annam).
Menurut Sandaka sutta dalam Majjhima nikaya, satu dari empat tipe agama yang dikatakan tidak memuaskan (anassasika) tetapi tidak harus keliru adalh yang berdasarkan pada pemikiran dan spekulasi (takka, vimamsa). Dikatakan;” Disini guru tertentu adalah pemikir dan penyelidik; ia mengajarkan doktrin yang terbukti sendiri dan merupakan hasil dari pemikiran. Sang Buddha tidak menuntut dirinya atau memandang dirinya sebagai pemilik cara yang unik untuk mendapatkan pengetahuan selain daripada  yang dipunyai dari para gurunya , sebagai hasil dari pengetahuan ini, sang Buddha tidak tiba pada kesimpulanyang sama seperti yang dicapai pendahulunya. Persepsi ekstrasensori dipandang sebagai alat untuk mencapai tujuan, tetapi bukan tujuan itu sendiri. Perkembangan ekstrasensori (abhinna) dipandang sebagai suatu kejadian kausal, yang memungkinkan seseorang memeriksa keadaan sebenarnya dari keberadaan indria.
 Buddhisme bukanlah skeptisme keran lebih menekankan pada penitik beratan terhadap keterbatasan pengetahuan dimaksudkan untuk mencegah orang jatuh kedalam jaring teori spekulatif.persepsi atau kekuatan ekstrasensori yang diakui Sang Buddha adalah sebagai berikut;
§  Psikokinesis (iddhividha), kekuatan tekad
§  Telinga Bathin (dibbasota), kemampuan menangkap bunyi dari jarak jauh
§  Telepati  (cetopariyanana), kemampuan mengetahui pikiran orang lain
§  Retrokognisi (pubbenivasanussatinana), kemampuan mengetahui kehidupan masa lalunya
§  Mata Bathin (dibbacakkhu atau cut’upapatanana),kemampuan mengetahui kehidupan masa depan
§  Pengetahuan tentang penghancuran rangsangan kotor (asavakkhayanana), kemampuan menembus Empat Kenyataan Mulia

Kausalitas
Kausalitas adalah pengetahuan tentang pola sebab akibat yang memungkin beliau mengakhiri kecenderungan merusak dan karenanya berhasil mencapai kebebasan Vimutti. Sebelum dan selam Buddha hidup, udara filsafat India di tutupi oleh awan- awan teori metafisika, dan hal itu berlaku juga terhadap konsep sebab akibat. Ada tiga golongan besar dari teori kausalitas; disebabkan oleh faktor dari dalam (sayam katam), disebabakan oleh faktor dari luar (param katam ), kombinasi dari penyebab dari luar dan dalam (sayam katam ca param katam).
Menurut teori kaum Naturalis, sifat bawaan merupakan prinsip yang mengatur alam fisika, dan manusia sendiri akibatnya ditentukan oleh prinsip fisika ini oleh karena itu kejiwaannya tidak berperan apa-apa terhadap tingkah lakunya. Sang Buddha setelah melalui dan mengalami berbagai kejadian kausal mencapai nilai tengah emasdi antara dua ekstrim. Pengetahuan yang dapat di alami itu adalah (Dhamme nana) ; pengetahuan tentang fenomena yang terjadi secara bersyarat (paticcasmuppada- dhamma).
Seperti yang dikelompokkan oleh para cendikiawan berikutnya, ada lima bidang yang dikuasai  kausalitas, yaitu:
·         Keteraturan fisis ( inorganik) (utu niyama)
·         Keteraturan fisis (organik) (bija niyama)
·         Keteratura psikologi (citta niyama)
·         Keteraturan moral (kammaniyama)
·         Keteraturan spiritual ideal (dhamma niyama)
Sabda Sang Buddha “ Ia yang menyelami sebab akibat, menyelami Dhamma
Ketiada- matian merupakan akibat akhir dari pencapaian penerangan dan penghapusan keinginan. Tetapi hasil yang segera dari penerangan adalah pencapaian kebahagiaan yang sempurna (paramam sukkham )yang timbul dari ketiada keinginan atau ketiada keterikatan.
Tiga Ciri Keberadaan
Pada bab Kausalitas menerangkan mengenai muncul dan lenyapnya segala sesuatu karena itu, segala sesuatu yang ada didunia ini adalah; 
1)      Tidak kekal (anicca)
2)      Tidak memuaskan (dhukkha)
3)       Tidak berinti (anatta)
Ketidak kekalan seperti yang terdapat dalam sutta terdahulu dapat dipastikan sebagai teori empirik, yang pada intinya adalah “Kedamaian muncul bila timbul    keseimbangan”. Menurut pernyataan ini, segala sesuatu tidak kekal bukan karena mereka hanya muncul sesaat, tetapi karena mereka berciri muncul (uppada) dan hancur ( vaya).
Para penafsir Barat menganggap Buddhisme amat  bersifat pesimistik, pendapat ini muncul karena kehidupan orang Barat yang bersifat materialistis dan mengutamakan kepuasan indria sedangkan Buddhisme yang lebih menekankan pada kehidupan yang sederhana, sehingga sangat wajar bila orang Barat beranggapan seperti itu.
Teori Upanisad tentang “diri” yang kekal dan tidak dapat mati dimaksudkan untuk memuaskan keinginan manusia akan kebahagian abadi. Namun Sang Buddha membalik teori tentang kekekalan jiwa dengan teori anicca, dukkha dan anatta. Sang Buddha berpendapat bahwa materi menurut Buddhis adalah netral, nilai negatif dan positif adalh bergantung pada manusia. Adapun yang melatar belakangi teori tanpa inti dari Buddhisme, dikarenakan adanya kaum Eternalis yang menyatakan bahwa realitas dan fenomena tentang diri adalah kekal. Teori tanpa inti ini dipandang sebagai “jalan tengah” antara dua ekstrim, Eternalisme dan  Anihilasionisme. Jadi ke- tanpa inti-an merupakan sinonim untuk kausalitas, dan unutk mereka, baik yang di timur maupun yang di baratyang terbiasa berpikir dalam kerangka jiwa yang abadi, teori ini merupakan sesuatu yang sulit untuk di pahami.  
Karma dan Kelahiran Kembali
Penafsiran terhadap ajaran Buddha tentang karma dan kelahiran kembali rupanya didasar pada dua anggapan; pertama, bahwa ajaran tersebut diterima Sang Buddha terutama karena mereka terdapat pada aliran utama tradisi kaum Brahmana dan petapa dan bukan karena mereka telah diperiksa dan dibuktikan sendiri kebenarannya secara pribadi , kedua; bahwa mereka tidak berbeda dengan teori pra Buddh dan bahwa Buddhisme tidak punya apa – apa yang dapat disumbangkannya karena teori pra Buddha telah mencapai bentuk final sejauh menyangkut teori ini.
Sang Buddha menemukan bahwa perilaku karma ditentukan oleh salah satu di antara tiga faktor, yaitu;
Ø  Rangsangan luar ,karma yang timbul akibat adanya kontak dari luar
Ø  Motif yang disadari, adanya keserakahan, kebencian, dan pandangan sesat
Ø  Motif yang tidak disadari, adanya keinginan untuk hidup langgeng
Apa yang hendak ditegaskan oleh Sang Buddha adalah kenyataan, bahwa bergantung kepada keadaan karma dan sekelilingnya sewaktu suatu perbuatan dilakukan maka kemudian dapat diharapkan akan timbul akibat yang sesuai. Pendapat ini sangat jelas dicantumkan dalam Anguttara- nikaya.
Menurut Buddhisme awal kesadaran hanya akan berlanjut bila terbetuk dalam suatu pribadi berbathin – jasmani baru dan dinyatakan sendiri oleh Sang Buddha pengetahuan tentang kelahiran lalu seseorang dapat ditelusuri melalui ingatannya.
A.J. Ayer, tokoh terkemuka dari aliran Positivisme Logis berkomentar bahwa kelahiran kembali seperti yang disajikan dalam kitab – kitab Buddha awal dipandang sebagai kemungkinan logis. Pada zaman sekarang ini dapat pula dibuktikan mengenai kelahiran kembali yaitu dengan hipnotis yang dapat di lakukan dengan bimbingan seorang hipnoterapist.
MORALITAS dan ETIKA
Buddhisme, tidak memisahkan pengetahuan dari kelakuan, teori dari praktek. Tujuan terakhir dari pengetahuan atau panna adalah kebebasan (vimutti). Filsuf Amerika, Jhon Dewey, menulis dalam bukunya “ The Question for Certainty” sebagai berikut:
“ Manusia yang hidup dalam dunia yang berbahaya ini dipaksa unutk mencari keamanan. Ia mencarinya melalui dua cara. Yang satu mulai dengan usaha mengambil hati kekuatan – kekuatan yang melingkupi dan menentukan nasibnya. Yang kedua, mempersembahkan hati yang penuh penyesalan akan dosa dihargai lebih memuaskan daripada persembahan korban”. Yang dimaksudkan oleh Dewey adalah :”bahwa agama dijadikan perlindungan dengan berdasarkan pada kebudayaan setempatyang melakukan pengorbanan untuk mendapat perlindungan dari dewa”.
Tujuan dari kehidupan beragama dimaksudkan untuk mencapai kebebasan dari kelahiran (jati), dan dengan demikian menyingkirkan juga kelapukan dan kematian. Dewey menegaskan kemunduran agama Brahmana pada masa Sang Buddha. Buddhisme awal menitik – beratkan kenyataan bahwa seorang pemula tidak akan dapat mencapai kebesan akhir sekaligus, tetapi harus melalui proses belajar bertahap (anupubbasikkha), proses latihan bertahap ( anupubhakiriya) dan proses praktek bertahap (anupubbbapatipada.)
Mereka yang telah mencapai tingkatan tertinggi dari kesempurnaan moral adalah bagaikan teratai yang tumbuh di lumpur tetapi telah muncul ke atas dan tidak tercemar (anupalitta) oleh air kotor. Mereka yang telah melalui latihan moral demikian mampu mengembangkan kebajikan moral yang lebih tinggi ( adhisila) dan konsentrasi mental ( adhicitta) yang diperlukan untuk mengembangkan pengetahuan yang lebih tinggi (adhipanna) dan selanjutnya mencapai kebebasan (vimutty).
 Jalan Mulia Berjalur Delapan ( ariya attahangiko maggo), yaitu;
1.      Pandangan benar ( samma ditthi)
2.      Pikiran benar  ( samma sankappa)
3.      Ucapan benar (samma vaca)
4.      Perbuatan benar (samma kamanta)
5.      Mata pencaharian benar( samma ajiva)
6.      Daya upaya benar (samma vayama)
7.      Perhatian benar (samma sati)
8.      konsentrasi benar ( samma samadhi)
Menurut analisis Sang Buddha, ada empat tipe orang di dunia ini:
1.      Orang yang menyiksa dirinya (attantapa), seperti para petapa yang mempraktekkan penyiksaan diri
2.      Orang yang menyiksa orang lain (parantapa), seperti para pemburu yang mencabut kehidupan mahkluk lain
3.      Orang yang menyiksa dirinya maupun orang lain (attantapo ca parantapo ca), seperti orang yang melakukan pengorbanan
4.      Orang yang menyiksa bukan dirinya ataupun bukan lainnya (neva attantapo na parantapo), seperti Arahat
Ludwig Wittgenstein, berargumen sebagai berikut:
“ Jika segala hal di dunia ini kebetulan, maka tak akan ada “nilai”di dunia ini, kerana apapun yang mempunyai nilai tidak dapat merupakan kebetulan”. Adapun makna yang tersirat sesungguhnya adalah segala sesuatu di dunia ini merupakan hasil dari kausalitas ( sebab akibat).
  
NIRVANA
Menurut tafsiran  Rune E. A. Johansson, berkata ; “ Sudah diketahui umum bahwa Nibbana merupakan summum bonum dari Buddhisme dan bahwa seorang yang telah mencapai tujuan terakhir disebut Arahat”. Untuk menghindari kekaburan, Nirvana terbagi menjadi dua aspek, yaitu: nirvana yang dicapai oleh Arahat dalam kehidupannya dan nirvana yang dicapai Arahat setelah meninggal.
Deskripsi tentang nirvana dalam Itivuttaka merupakan sumber yang paling berharga dalam usaha untuk memahami konsep ini.Bentuknya adalah :
1.      Nirvana dengan sisa ( saupadisesa, yaitu nirvana yang dicapai dalam kehidupan ini)
catatan : bila manusia yang mencapai nirvana maka usianya hanya tujuh hari setelah pencapaian. Apabila seorang bhikkhu yang mencapai nirvana dalam kehidupan ini maka bhikkhu tersebut akan berumur panjang.
2.      Nirvana tanpa sisa ( anupadisesa, yaitu Arahat yang telah meninggal)
Dari analisis yang terdapat dalam Madhupindika sutta menerangkan tiga tipe orang yaitu:
1)      Tipe pertama umumnya berusaha untuk menjalani kehidupan baik dengan menghindari kejahatan.
2)      Tipe kedua adalah orang yang telah lanjut dalam menjalani lintasan kemajuan spiritual dan telah mencapai tingkatan “ tak kembali”
3)       Tipe ketiga, ia yang tidak terikat, bahwa dengan menghapus kesadaran diri melalui pengembangan kebijaksanaan, proses pencerapan yang normal berubah.
Pernyataan lain dari Nikaya Pali, yang bunyinya sebagi berikut: “Tumimbal lair telah dihancurkan; kehidupan luhur telah dijalani; apa yang harus dikerjakan sudah dikerjakan; dan tak ada lagi kecenderungan akan ke “ini” an. Dapat pula diartikan sebagai “ Tak ada keberadaan berikutnya “ bagi seorang Arahat.
Jayatilleke, dalam bukunya “ Early Buddhist Theory of Knowledge” berusaha keras untuk memperlihatkan bahwa Buddhisme awal adalah bersifat empirik dan tidak menerima sifat metafisika apapun yang tak dapat diperiksa secara empirik. Jika setelah Sang Buddhamengatakan bahwa Arahat setelah meninggal tidak dapat diuraikan sebagai berada (atthi) atau tidak berada (n’atthi), tanpa menyebutkan apakah keberadaan itu empirik ataukah trasempirik, dan kita tetap mengatakan bahwa Arhat berkelanjutan dan tidak lenyap, kita tentulah hanya sedang memahami persoalan ini menurut kesukaan (ruci) dan ketidak sukaan (aruci) atau menurut selera ( chanda) kita sendiri. 

Sejarah Agama Buddha Theravada

Sahabat Buddhist.. saya akan menulis artikel mengenai Agama Buddha mazab Theravada.. bisa dijadikan pengetahuan tambahan... 
Tanggal sesungguhnya dari kelahiran Sang Buddha tidak diketahui dengan pasti. Menurut tradisi Buddhist, Sang Buddha lahir pada tahun 624 BCE ( Before Common Era), dan juga terdapat beberapa perkiraan lainnya terhadap tahun kelahiran Sang Buddha. Tahun 560 BCE adalah tahun yang diterima secara umum sebagai tahun kelahiran Sang Buddha. Kejadian pada garis waktu sebelum tahun 250 sebelum masehi ditunjukkan dengan dua tahun masehi yang berbeda.
Pertama adalah tahun kelahiran Sang Buddha yang ditulis berdasarkan pada sumber "tradisi" yaitu 624 BCE, kemudian diikuti dengan tahun kelahiran Sang Buddha yang berdasarkan pada tahun "sejarah" 560 sebelum masehi. Setelah tahun 250 sebelum masehi, tahun "sejarah" dapat dihilangkan karena waktu dari peristiwa berikutnya diketahui dengan lebih tepat. Cara perhitungan tahun masehi yang berhubungan dengan kejadian dari penanggalan Buddhis tradisional dilakukan dengan melakukan pengurangan dari tahun Buddhis (BE - Buddhist Era) sebanyak 544 tahun
BE __
BE Tahun Masehi (CE - Common Era)
-80
-624/-560
Bodhisatta atau calon Buddha, lahir di Lumbini (Nepal saat ini) sebagai Siddhata, pangeran dari suku Sakya.
-51
-595/-531
Boddhisatta meninggalkan kehidupan keduniawian
-45
-589/-525
Selama meditasi di bawah pohon Boddhi di hutan Gaya (Sekarang Bodhgaya, India), saat bulan purnama Siddhi di Bulan Mei, Sang Boddhisata mencapai Kebuddhaan. Selama bulan purnama di bulan Juli, Sang Buddha membabarkan ajarannya yang pertama di daerah dekat Varanasi, menunjukkan kepada dunia Empat Kasunyataan Mulia dan memulai pembabaran Dhamma dan Vinaya selama 45 tahun.
1
-544/-480 Sang Buddha Parinibbana di Kusinara (Sekarang Kusinagar, India) pada usia 80 tahun Selama masa musim hujan, setelah Sang Buddha parinibbana, diadakan Persamuan Agung pertama di Rajagaha, India yang dihadiri oleh 500 orang bikkhu yang telah mencapai tingkat kesucian arahat, yang dipimpin oleh Ven Bikkhu Mahakassapa Thera. Pada Persamuan Agung ini, diulang kembali peraturan Vinaya oleh Ven Bikkhu Upali Thera yang kemudian diterima sebagai Vinaya Pitaka, dan pengulangan Dhamma oleh Ven Bikkhu Ananda Thera yang kemudian menjadi Sutta Pitaka.
Pada Persamuan Agung ini, diulang kembali peraturan Vinaya oleh Ven Bikkhu Upali Thera yang kemudian diterima sebagai Vinaya Pitaka, dan pengulangan Dhamma oleh Ven Bikkhu Ananda Thera yang kemudian menjadi Sutta Pitaka.
100
-444/-380
100 tahun setelah sang Buddha parinibbana, diselenggarakan Persamuhan Agung kedua di Vesali. Pada Persamuhan Agung ini dibahas mengenai perbedaan yang terjadi saat itu mengenai aturan Vinaya. Keretakan sangha yang pertama timbul antara sekte Mahasanghika dan Sthaviravadins yang tradisional. Permasalahannya adalah Mahasanghika tidak mau menerima sutta dan vinaya sebagai sumber terakhir dari ajaran sang Buddha. Mahasanghika kemudian berkembang menjadi Mahayana yang mendominasi agama Buddha di utara Asia (Cina, Tibet, Jepang dan Korea).
294
-250
Persamuhan Agung ketiga yang didukung oleh Raja Asoka di Pataliputra (India). Perselisihan perbedaan doktrin yang kemudian menimbulkan keretakan, melahirkan sekte Sarvastivadin dan Vibhajjavadin. Abhidhamma Pitaka diulang kembali pada persamuhan ini, dengan tambahan Khuddaka Nikaya. Kitab suci Tipitaka Pali telah lengkap secara keseluruhan.
297
-247
Raja Asoka mengirim putranya, Ven Bikkhu Mahinda Thera ke Sri Lanka dengan misi menyebarkan agama Buddha di Sri Lanka. Kemudian Raja Sri Lanka Devanampiya Tissa memeluk agama Buddha.
304
-240
Ven Bikkhu Mahinda Thera mendirikan Mahavihara di Anuradhapura, Sri Lanka. Komunitas sekte Vibhajjavadin yang berdiam di Sri Lanka kemudian berkembang menjadi Theravadin . Kemudian Saudara perempuan Bikkhu Mahinda, Bikkhuni Sanghamitta, tiba di Sri Lanka dengan membawa potongan pohon Boddhi dan mendirikan Sangha Bikkhuni di Sri Lanka.
444
-100
Peristiwa kelaparan dan perpecahan yang terjadi di Srilanka menyebabkan kitab suci Tipitaka ditulis untuk menjaga kelangsungan agama Buddha. Raja Vattagamani mengadakan Persamuhan Agung keempat dengan 500 bikkhu dan ahli tulis dari Mahavihara untuk menulis Kitab Tipitaka Pali untuk pertama kalinya pada daun palem.
544
1
Dimulainya tahun Masehi (Common Era). Tahun 1 AD atau tahun 1 masehi.
644
100
Agama Buddha Theravada muncul pertama kalinya di Burma dan bagian tengah Thailand.
744
200
Universitas Buddhis Nalanda berkembang di India , merupakan pusat pelajaran agama Buddha kurang lebih selama 1000 tahun.
969
425
Ven Bikkhu Buddhaghosa Thera (Sri Lanka) membuat komentar dari kitab Tipitaka Pali (Atthakatha).
1594
1050
Komunitas Bikkhu dan Bikkhuni di Anuradhapura hancur karena invasi dari India bagian selatan.
1604
1060
Berkembangnya Theravada di Pagan, Burma.
1614
1070
Bikkhu-bikkhu dari Pagan tiba di Polonnaruwa, Sri Lanka untuk mengembalikan kembali garis pentahbisan bikkhu Theravada di Sri lanka.
1744
1200
Polonnaruwa hancur oleh invasi asing.
1780
1236
Bikkhu-bikkhu dari Kancipuram, India tiba di Sri Lanka untuk membangkitkan kembali sekte Theravada.
1831
1287
Pagan dihancurkan oleh invasi Mongol. Jaman kemunduran dimulai.
1900
1300s
Tradisi hutan dari Sri Lanka berkembang di Burma dan Thailand. Theravada juga menyebar di Laos.
2000
1400s
Tradisi hutan lainnya dari Sri Lanka juga berkembang di Ayudhaya, ibu kota Thailand saat itu. Tradisi yang baru ini juga berkembang di Burma.
2300
1700s
Burma menyerang Ayudhaya. Raja Thailand Rama I membantu pemulihan Theravada dengan membawa duplikat kitab Tipitaka Pali dari Sri Lanka.
2400
1800s
Keadaan Sangha Sri Lanka memburuk dibawah tekanan pemerintahan tiga negara kolonial (Portugis, Belanda dan Inggris). Raja Rama IV dan Rama V dari Thailand mengadakan perubahan pada Sangha Thailand, pada kepemimpinan formasi sekte Dhammayut dan Mahanikaya.
2406
1862
Terjemahan pertama Dhammapada ke dalam bahasa barat (Jerman).
2412
1868
Persamuhan Agung kelima diselenggarakan di Burma. Kitab Tipitaka Pali ditulis pada 729 batu pualam.
2423
1879
Sir Edwin Arnold mempublikasikan syair "Light of Asia", yang kemudian menjadi buku yang paling laris terjual di Inggris dan Amerika, menyebabkan tertariknya orang-orang barat akan agama Buddha.
2424
1880
Helena Blavatsky dan Henry Steel Olcott, pendiri dari Theosophical Society, tiba di Sri Lanka dari USA, kemudian memeluk agama Buddha dan memulai kampanye pengembangan agama Buddha dengan mendorong pertumbuhan dan perkembangan sekolah-sekolah Buddhist di Sri Lanka.
2425
1881
Pali Text Society didirikan di Inggris oleh T.W.Rhys Davids. Selama lebih dari 100 tahun , banyak bagian dari Tipitaka dipublikasikan dalam tulisan romawi dengan terjemahan ke bahasa Inggris.
2434
1890s
Vihara Theravada pertama didirikan di Australia oleh para pekerja mutiara di pulau Thursday yang berasal dari Sri Lanka.
2443
1899
Bikkhu Theravada barat pertama (Gordon Douglas) ditahbiskan di Burma

29 Apr 2012

Saksikan langsung di TV Konser Super Junior

Halo apa kabar SUJU Lovers ?
Ngomong ngomong siapa yg jadi favorit anda di antara cowok cowok yg ganteng ganteng ini.
masih inget dengan konser Super Show 4" di Mata Elang International Stadium (MEIS)Ancol jakarta kemarin.
yah, kali ini saya akan menginformasikan buat
Sahabat-sahabatku yg tidak bisa nonton langsung di jakarta ,
kita dapat menyaksikan tayangan ulangnya
Besok Tanggal 30/4/2012 pukul 20.30 WIB di SCTV .

Belajar Dari Kesalahan


Tidak ada orang yang suka berbuat kesalahan. Namun jika anda ingin melewati hidup dengan baik, maka tidak ada jaminan bagi anda untuk tidak melakukan kesalahan. Jika anda dapat belajar dari kesalahan dengan tepat, maka anda akan mendapatkan bahan bakar baru untuk maju kedepan.

Anda harus menyadari bahwa kesalahan adalah bagian yang penting dalam pengembangan diri. Jangan termenung terus dengan rasa bersalah dan penyesalan, pelajari bagaimana anda dapat belajar dari kesalahan-kesalahan tersebut.


1. Minta Maaf dengan Tulus dan Sungguh-sungguh
Jika anda telah melakukan kesalahan yang menyakiti/membahayakan orang lain, sangat penting bagi anda untuk segera meminta maaf dengan sungguh-sungguh. Pastikan bahwa itu adalah betul-betul suatu kecelakaan yang tidak akan terulang. Permintaan maaf yang baik akan mengembalikan tingkatkepercayaan orang tersebut pada anda. Sebaliknya, jika anda tidak meminta maaf, maka kemungkinan besar orang tersebut akan menyerang anda.
Akan sangat efektif jika anda meminta maaf secara pribadi dibandingkan lewat surat atau email. Namun, begitu anda telah mendapatkan maaf, jangan sampai melakukan kesalahan yang sama lagi, karena itu adalah suatu kekonyolan dan sangat menjengkelkan. Segera perbaiki tindakan-tindakan anda.


2. Jangan Menjadi Seorang Yang ’Perfectionist’
Jika anda menjalani hidup dengan ketakutan untuk melakukan kesalahan, maka anda akan menghabiskan hidup anda dengan tidak melakukan apa-apa. Bukan masalah jika anda melakukan kesalahan, karena sekali lagi itu adalah bagian penting dari hidup agar anda terus maju. Semakin banyak tanggung jawab yang anda pikul, kemungkinan anda melakukan kesalahan pun semakin sering.
Jika anda selalu ingin merasa semuanya sempurna, selalu ingin menghindari kesalahan-kesalahan sekecil apapun, hal itu lama kelamaan akan membentengi diri anda secara psikologi dan anda menjadi tidak berani dalam mengambil resiko.

3. Jangan Membuang Waktu Dengan Mencari Pembenaran
Kita manusia mempunyai sifat alami untuk mencari pembenaran atas kesalahan-kesalahan yang kita lakukan. Ketika kita melakukan kesalahan, rata-rata reaksi pertama kita adalah menyalahkan orang lain.
Perlu anda ketahui, ketika kesalahan telah dibuat, atasan anda sama sekali tidak tertarik dengan pembenaran-pembenaran yang anda buat. Kita mencari pembenaran karena ego kita yang tinggi. Kadang-kadang, hal terbaik yang perlu diucapkan, sangat sederhana : ”Ya, saya telah melakukan kesalahan.”

4. Pahami Mengapa Kesalahan Tersebut Dapat Terjadi
Kesalahan-kesalahan dapat terjadi karena berbagai macam kesalahan. Untuk mencegah terjadinya kesalahan yang sama dua kali, anda harus memahami akar permasalahannya.


5. Hindari Mengulang Kesalahan Yang Sama
Anda harus menghindari perasaan bersalah yang terus menerus karena telah berbuat kesalahan, namun pada saat yang sama, anda harus mencari jalan pemecahan dan melakukan tindakan perbaikan. Jika anda mengulang kesalahan yang sama, hal tersebut menunjukkan bahwa anda tidak mengalami suatu kemajuan dan menyebabkan kerugian/penderitaan yang berulang.

Seringkali kesalahan disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan yang buruk. Untuk mencegah kesalahan yang sama berulang, anda harus menghapuskan kebiasaan buruk tersebut. Hal ini memang tidak mudah dan membutuhkan usaha ekstra untuk merubah kebiasaan. Bagaimanapun, semakin cepat anda bisa merubah kebiasaan buruk tersebut, semakin cepat anda menghindari melakukan kesalahan yang sama.


6. Kesalahan Adalah Kesempatan Untuk Belajar
Dari kesalahan-kesalahan yang telah anda buat, tentu saja anda akan semakin berkembang dan bijak. Kesalahan-kesalahan, dalam hubungannya dengan keberanian mengambil resiko, merupakan sesuatu yang krusial untuk kesuksesan anda. Hal yang terpenting adalah melihat kesalahan sebagai batu loncatan untuk mencapai sesuatu yang lebih tinggi dan kehidupan yang lebih baik.

28 Apr 2012

Manfaat Minum Air

Manfaat Minum Air



Mengingat pentingnya air, maka anjuran yang diberikan adalah agar kita meminum air sedikitnya 8 gelas sehari atau sekitar dua hingga dua setengah liter air. Berikut adalah beberapa manfaat air bagi tubuh: 
·                   Membuat tubuh lebih sehat
Apabila asupan air mencukupi, hal ini dapat membantu agar distribusi nutrisi ke seluruh tubuh menjadi lancar sehingga semua sel dalam tubuh dapat memperbaiki diri dengan nutrisi tersebut. Dengan minum air sesuai anjuran juga akan meringankan kerja ginjal dan hati sehingga dapat membantu kita terhindar dari penyakit ginjal dan hati.
·                   Memperlancar pencernaan
Minum air membantu pembuangan racun hasil metabolisme lebih lancar. Ini akan membantu kita terhindar dari penyakit pada pencernaan seperti sakit maag dan sembelit.
·                   Menambah kecantikan alami
Kekurangan air akan membuat kulit kita terlihat kering dan berkerut. Air akan membantu menjaga kulit agar tetap kenyal sehingga terlihat awet muda dancantik alami.
·                   Membuat langsing
Air dapat menurunkan berat badan. Mengapa? Karena air tidak berkalori, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah natrium.Selain itu, air membantu tubuh menguraikan lemak yang tersimpan.

Bagi yang sedang berdiet, air dapat menjadi teman yang tidak boleh dilupakan. Dengan meminum air hangat sebelum makan, akan membantu kita merasa kenyang sehingga akan mengurangi selera makan dan mengurangi porsi makan kita. Minum air juga tidak akan membuat gemuk karena air tidak mengandung kalori, 
gula dan lemak.
·                   Meningkatkan kesuburan
Untuk Anda yang sedang merencanakan kehamilan, ternyata air dapat membantu meningkatkan kesuburan karena akan merangsang produksi hormon testoteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita.
 
Air Minum
Cara Agar Anda Sering Minum Air
Selalu bawa persediaan air minum, misalnya sebotol air.
Setelah makan, jangan lupa minum segelas air.
Minum air sebelum, selama dan setelah berolahraga atau melakukan kegiatan yang berat.
Pilihlah minum air saat beristirahat ketimbang minum kopi, soft drink dan minuman manis lainnya.
 
Mengingat pentingnya air, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana memilih air minum yang sehat. Bila air minum tidak bersih bisa menyebabkan diare atau penyakit lainnya. Sedangkan saat ini ada berbagai jenis air minum yang ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral dan air heksagonal. Apa saja perbedaan dari masing-masing jenis air tersebut?
·                   Air tanah
Bagi penduduk di pedesaan air minum dapat diambil dari air tanah yang diambil dari sumur atau sungai. Tetapi, perlu diwaspadai bila sumber air tersebut berada di kawasan industri atau lokasi pembuangan sampah. Sedangkan di kota-kota besar, misalnya Jakarta, air tanah tidak lagi layak untuk dikonsumsi, karena banyak mengandung bakteri Eschericia coli (E-coli), kandungan besi (Fe) dan Mangan (Mn) serta kadar keasaman (pH) yang melebihi kriteria air minum sehat. Ini disebabkan karena banyaknya polutan yang dihasilkan manusia sehingga merusak air tanah.
·                   Air PAM
Untuk dapat menghasilkan air yang baik, Perusahaan Air Minum (PAM) sebenarnya memiliki teknologi yang sesuai dengan pengolahan air minum, tetapi ini juga dipengaruhi oleh kualitas dari air yang dijadikan sebagai bahan baku apakah air tersebut tercemar atau tidak.
·                   Air Minum Dalam Kemasan (AMDK)
Adalah air yang diolah dengan teknologi khusus seperti teknologi sterilisasi kemudian dikemas dalam botol plastik atau wadah lainnya. Izin untuk perusahaan ini biasanya baru akan dikeluarkan bila hasil uji laboratorium baik. Agar mendapat air minum yang baik, perusahaan perlu selalu melakukan kontrol terhadap hasil air minum dan merawat peralatan produksinya dengan baik.
·                   Air Mineral
Adalah air yang diperoleh dari sumbernya, umumnya dari pegunungan dan langsung dikemas sehingga terdapat mineral di dalamnya dengan kadar tertentu yang diperbolehkan.
·                   Air heksagonal
Air jenis ini memiliki rangkaian molekul yang terstruktur, berbentuk segi enam sehingga disebut heksagonal. Air jenis ini lebih mudah diserap tubuh, lebih cepat menghantar nutrisi untuk seluruh tubuh, membuang racun sisa metabolisme, serta akan mengoptimalkan metabolisme tubuh.

Secara alami, air ini terdapat dalam sumur air zamzam di Mekah, di pegunungan Alpen, Swiss, dan di Lourdes, Perancis. Selain secara alami, air heksagonal dapat dibuat dengan menggunakan mineral-mineral alami yang dapat membantu pembentukan struktur heksagonal dalam air. Suhu saat pembentukan juga harus diperhatikan karena dapat menyebabkan struktur tersebut menjadi terurai sehingga menjadi air biasa.

Air heksagonal umumnya dijual dalam kemasan, tetapi minuman seperti ini dipercaya lebih menyehatkan untuk tubuh juga dapat mencegah penuaan. Dengan meminum air heksagonal dianggap dapat meningkatkan vitalitas, memperlambat proses penuaan dan mencegah penyakit. Hanya saja, air jenis ini umumnya lebih mahal dibandingkan jenis lainnya.
Sekarang, Anda dapat menentukan mana air minum yang layak diminum. Segera tolak apabila air berwarna, keruh atau berbau. Sedangkan bila membeli air yang dikemas, perhatikan segel tidak terbuka atau bocor.
Berapa Banyak yang Harus Diminum?
Tanpa mengkonsumsi air secara cukup, tubuh dapat mudah terserang penyakit. Maka, jangan lupa untuk mengkonsumsinya minimal 8 gelas setiap hari atau sekitar minimal dua liter air. Setiap hari, sekitar dua liter air terbuang melalui kulit, paru-paru, usus, dan ginjal.
Air yang hilang ini harus diganti agar kita tidak mengalami dehidrasi. Jika Anda kekurangan air atau mengalami dehidrasi, maka beberapa tanda seperti sakit kepala, lelah, pegal, air seni yang pekat, tidak tahan terhadap panas, serta mulut dan mata yang kering akan terjadi pada tubuh Anda.
Berapa banyak air yang harus diminum setiap hari? Bagi orang yang sehat membutuhkan minimal dua sampai dua setengah liter air sehari. Jika Anda berolahraga, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak air. Demikian juga jika Anda tinggal di iklim panas. Bagi mereka yang mengalami obesitas, perlu minum segelas air ekstra untuk setiap kelebihan 10 kilogram dari berat badan ideal. Namun, sebaliknya bagi beberapa penderita penyakit tertentu seperti gagal jantung atau gangguan fungsi ginjal, maka beberapa dokter menyarankan untuk tidak terlalu banyak minum air. Ini pun harus dengan rekomendasi dokter ahli.
Jangan gantikan air dengan cairan lain seperti jus buah. Meski membuat tubuh sehat, jus buah mengandung kalori. Demikian juga, minuman yang mengandung gula dan susu, juga akan membuat tubuh membutuhkan banyak air untuk mencernanya. Apalagi jika Anda minum banyak minuman beralkohol atau minuman berkafein seperti kopi dan teh. Minuman-minuman ini memiliki sifat diuretik yaitu senyawa yang meningkatkan aliran seni, sehingga kita perlu minum lebih banyak air guna mengganti apa yang dikeluarkan.
Karena itu, jangan minum air ketika Anda sudah merasa haus. Ketika Anda merasa haus, maka Anda mungkin sudah mengalami dehidrasi. Karena itu, minumlah minimal 8 gelas sehari atau 2 hingga 2,5 liter per hari demi kesehatan Anda. Minumlah segelas air sekarang juga.

Tukar Link

Selamat datang di Stiven blogspot’, Terima kasih Anda mau  meluangkan waktu beberapa saat untuk membaca Artiikel yang mungkin bagi sebagian org anggap kurang atau bahkan tidak penting.
Bila ada saran dan masukan , anda dapat mengirimkannya ke email kami :: steven.alun@yahoo.com


Untuk yang ingin bertukar Link, silahkan Copy kode berikut ini dan taruh di Blog/Website Saudara:


Silahkan melakukan konfirmasi (melalui Chat Box ataupun Komentar pada Halaman ini) setelah Link Blog ini telah dipasang dan secepatnya Saya akan memasang Link Saudara ke daftar di bawah ini.
Setelah itu, Saya akan konfirmasikan lagi ke Blog/Website Saudara bahwa Saya telah memasang link Saudara ke daftar ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk bertukar Link.. Happy Blogging.. .

Kata - Kata Motivasi

Sebenarnya Anda lebih berani dari yang anda duga, lebih kuat dari yang anda tahu, dan lebih pintar yang anda kira, namun itu semua tersembunyi dibalik diding tipis bernama keragu-raguan.
Senyum mampu menyelesaikan banyak masalah, dan diam mampu membuat kita terhindar dari banyak masalah.
Diam Bukanlah kelemahan, jika di iringi dengan perbuatan dan hasil nyata.
Satu-satunya cara untuk melakukan pekerjaan besar adalah dengan mencintai apa yang Anda lakukan, walaupun sebenarnya anda membencinya.
Harapan tinggallah harapan jika tidak disertai tindakan, impian tinggallah impian jka tidak selaras dengan kemampuan.
Hanya karena kamu mendengar apa yg dilakukan seseorang, tak berarti kamu bisa menghakiminya. Kamu tak tahu apa yg telah dilaluinya.
Tidak seorang pun punya kemampuan untuk melakukan sesuatu hal sempurna, tapi setiap orang diberi banyak kesempatan untuk melakukan hal yang benar.
Tinggalkanlah kesenangan yang menghalangi pencapaian kecemerlangan hidup yang diidamkan. Dan berhati-hatilah, karena beberapa kesenangan adalah cara gembira menuju kegagalan.
Kelakukan kita terhadap kehidupan, menentukan sikap kehidupan terhadap kita.
Matahari yang sebesar itu pun perlu bulan untuk bisa menerangi setiap sudut bumi.
Seseorang tak akan pernah bisa mencintai Anda dengan tulus dan apa adanya, jika Anda selalu menyembunyikan kekurangan Anda darinya.
Hidup ini seperti piano.Berwarna putih dan hitam. Namun,ketika Tuhan yang memainkannya,Semuanya menjadi indah.
Saat anda mendapatkan yang biasa ketika mendambakan yang terbaik, bersyukurlah, karena anda tidak mendapatkan yang terburuk.
"Kegagalan adalah peluang untuk hal yang lebih baik. Kegagalan adalah batu loncatan untuk pengalaman yang berharga. Suatu hari nanti Anda akan bersyukur untuk beberapa kegagalan yang anda alami. Percayalah, ketika satu pintu tertutup untuk anda, sebenarnya pintu yang lain selalu terbuka"
Melihat kebelakang akan membawa kejelasan di depan. Belajar dari kesulitan dulu akan membawa berkah sekarang dan nanti.
Hidup adalah memilih, namun untuk memilih dengan baik, Anda harus tahu siapa Anda dan apa yang Anda perjuangkan, ke mana Anda ingin pergi dan mengapa Anda ingin sampai di sana.
"Keyakinan adalah percaya dengan apa yang tidak kita lihat, dan upah dari keyakinan adalah melihat apa yang kita yakini."
Kesedihan adalah ibarat terdampar di gurun pasir. Hal terbaik adalah berusaha keluar dari gurun pasir tersebut.
Inti dari kebahagiaan adalah kumpulan kebahagiaan dari hal-hal kecil.
Sebenarnya sangatlah mudah menjadi Bahagia. Kebahagiaan akan datang saat kita memaafkan diri kita sendiri, memaafkan orang lain, dan hidup dengan penuh rasa syukur. Tidak pernah ada orang egois dan tidak tahu berterima kasih mampu merasakan bahagia, apalagi membuat orang lain bahagia. Hidup ini memberi, bukan meminta."
Kebahagiaan adalah pengalaman spiritual dimana setiap menit hidup dilalui dengan cinta, dan rasa syukur.
Jangan takut akan bayangan, karena bayangan berarti ada suatu cahaya yang bersinar di dekatnya.
Masa-masa terbaik dalam hidup adalah saat kita mampu menyelesaikan masalah sendiri, Masa-masa suram kehidupan adalah saat kita menyalahkan orang lain atas masalah yang kita hadapi.
"Manusia seperti puluhan kolam, masing-masing memantulkan cahaya dari bulan yang sama."
"Kebijaksanaan adalah pemahaman nilai-nilai abadi dan nilai-nilai hidup."
"Kebaikan adalah lebih penting daripada kebijaksanaan, dan menyadari hal ini adalah awal dari kebijaksanaan."
Bijaksana adalah kumpulan dari perjalanan hidup kita. Kebijaksanaan tidak bisa dicari, tidak bisa diberikan, dan tidak bisa dibagikan. Kebijaksaan adalah diri kita sendiri.
Jika anda merasa pendapat anda tidak didengar, ketahuilah, sebenarnya anda tengah belajar untuk menghargai.
Setiap kejadian-kejadian kecil hidup kita adalah bagian dari harmoni total alam semesta, semuanya sudah ada yang mengatur dengan sempurna. Jalanilah hidup apa adanya.
Quote:
Orang Bijak adalah orang yang menyimpan kebijakannya untuk dirinya sendiri.
Bicaralah dari hati dan dengan hati, karena hati bisa mendengar lebih tajam daripada telinga.
Jangan terlemahkan oleh angin permasalahan. Layang-layang mampu terbang tinggi karena berani melawan angin. Hanya layang-layang yang putus benang yang hanyut oleh angin.
Jika anda merasa tidak memiliki hal yang berharga, ketahuilah, anda memiliki hal yang tak ternilaikan, yaitu senyuman.
Jika anda melalui hidup anda tanpa masalah, ketahuilah, anda melewatkan masa terindah hidup anda.
Berjalan lah seperti kau tak membutuhkan uang, mencintailah seperti kau tak pernah terluka, berdansalah seperti tak ada orang yang memperhatikan.
Saat kau berpikir tentang orang yang cantik dan tampan, pikirkanlah bahwa kau adalah bagian dari mereka.
Berbuat baik pada orang lain lebih sulit daripada berperang melawan penjajah.
Mengucapkan Maaf hanya mampu dilakukan oleh orang-orang pemberani.
Anda harus jadi ulat terlebih dahulu jika ingin menjadi kupu-kupu
Kekuatan bukanlah tentang memukul sekuat tenaga, tetapi tentang ketepatan sasaran.
Kemenangan adalah bagian terkecil dari sebuah pertandingan.
Pemenang bukannya tak pernah gagal, tetapi tidak pernah menyerah.
Tuhan telah memberikan kita Ikan, tinggal kita yang harus mengail untuk mendapatkannya.
Keindahan sejati tak bisa dilihat oleh mata, hanya hati yang mampu merasakan keindahan sebenarnya.
Waktu akan terasa lambat bagi mereka yang menunggu, terlalu panjang bagi yang gelisah, dan terlalu pendek bagi yang bahagia. Namun Waktu adalah keabadian bagi yang mereka mampu bersyukur.
Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan. Fokuslah pada kelebihan kalian, jangan fokus pada kekurangan kalian.
Jika anda telah berusaha untuk mengubah sesuatu namun tetap tak berhasil, cobalah untuk mengubah pandangan anda.
Melepaskan orang yang di cintai jauh lebih sulit dibanding menerima cinta yang baru bagi hatimu.
Ketika anda tulus mencinta, tak akan pernah ada kata menyerah. Meski pikiran ingin berputus asa, namun hati tetap ingin mencoba.
Jangan terlalu lama menangisi apa yg telah terjadi. Hal yg kamu tangisi saat ini mungkin hal yang akan kamu syukuri suatu saat nanti.
Jika kamu meninggalkan seseorang, berikanlah alasan. Tak ada yg lebih menyakitkan daripada ditinggalkan tapi tak ada penjelasan.
Dalam hidup, anda tak akan selalu mendapatkan apa yang paling anda inginkan, terkadang anda hanya mendapat pelajaran yang sebenarnya lebih anda butuhkan.
Menciptakan kebiasaan baru adalah salah satu dari kunci sukses. Jika anda ingin sukses Anda harus mulai menciptakan kebiasaan-kebiasaan yang akan membawa Anda kepada kesuksesan.
Jika Anda ingin menang— dalam bisnis, karir, pendidikan, olah raga, dsb— maka Anda harus memiliki kebiasaan-kebiasaan seorang pemenang pula.
Jika Anda ingin suatu kehidupan yang berbeda, buatlah keputusan yang berbeda juga.
Cinta terbesar dan cinta hakiki bagi orang yang beriman ialah cinta kepada Allah. Sehingga cinta kepada Allah-lah yang seharusnya menjadi motivator terbesar dan tidak terbatas.
sukses yang sudah Anda alami di masa lalu akan membantu untuk memotivasi Anda di masa yang akan datang.
Sungguh menyakitkan mencintai seseorang yang tidak mencintaimu, tetapi lebih menyakitkan adalah
mencintai seseorang dan kamu tidak pernah memiliki keberanian untuk menyatakan cintamu kepadanya.
Hal yang menyedihkan dalam hidup adalah ketika kamu bertemu seseorang yang sangat berarti bagimu, hanya untuk menemukan bahwa pada akhirnya menjadi tidak berarti dan kamu harus membiarkannya pergi.