8 Des 2012

Kesalahan Keramas Penyebab Rambut Rontok



Masalah kerusakan rambut, seperti rambut kusam, rambut bercabang, rambut rontok, juga kulit kepala bersisik, akan menjadi masalah yang mudah diatasi. Anda tidak perlu mencoba berbagai jenis produk perawatan untuk mengembalikan keindahannya.

Coba ubah teknik keramas Anda. Meski tampak sepele, kebiasaan-kebiasaan salah saat keramas akan menyumbangkan kerusakan yang fatal. Apa saja kebiasaan tersebut?

Tidak membasahi rambut dengan cukup

Untuk memastikan sampo bekerja maksimal, pastikan helai rambut dan kulit kepala basah secara merata agar kotoran yang ada di permukaan larut bersama air. Atau gunakan shower selama tiga hingga empat menit sebelum Anda mulai menuangkan sampo. Hindari pula meremas-remas rambut saat membasahinya.

Kadar busa

Kandungan detergen pada sampo juga penting untuk membersihkan rambut, tanpa busa, kotoran yang menempel tidak akan bersih. Busa sampo yang menciptakan proses vacuum yang menyerap segala kotoran dan menyingkirkannya dari rambut. Namun busa yang terlalu banyak juga dapat membuat helai rambut kehilangan kelembaban dan menjadi kering. 

Gesekan kuat 

Pastikan Anda tidak menggosok rambut dengan kuat. Rambut yang bergesekan satu sama lain, membuat rambut pecah-pecah, bercabang dan tipis. Sampo ini sebenarnya akan bekerja maksimal pada kulit kepala, oleh karena itu, fokuskan pemijatan pada bagian kulit kepala agar nutrisi sampo dapat terserap dengan baik.

Mengulang keramas

Keramas sebanyak satu kali saja sudah cukup. Mitos menggunakan sampo, membilas dan menuangkan sampo lagi adalah hal yang salah. Mitos tersebut diciptakan pada masa 1950-an ketika wanita masih keramas seminggu sekali.

Tidak membilas sampai bersih

Pastikan Anda membilas dengan bersih. Sampo yang masih tertinggal pada kulit kepala atau helai rambut dalam waktu lama akan menyebabkan ketombe. Kerusakan kulit kepala ini yang membuat rambut mudah rontok.

Menggunakan kondisioner di kulit kepala

Memakai kondisioner adalah hal yang wajib untuk mengembalikan kelembaban rambut. Aplikasikan kondisoner di bagian tengah hingga ujung rambut. Hindari area kulit kepala, kondisioner yang masuk melalui akar rambut justru akan membuat rambut menjadi berminyak
.


0 komentar:

Posting Komentar