3 Jun 2012

Venus Mampir ke Bumi

Wow, ini dia peristiwa langka dan unik, Venus akan mampir (transit) ke Bumi! Ini mungkin peristiwa yang hanya terjadi sekali seumur hidup pada Rabu (6/6/2012) yang akan datang.

Hmm, pernah dengar peristiwa Transit Venus? Ini adalah peristiwa yang terjadi saat Planet Venus melintas di antara Bumi dan Matahari.

venus
Yuk, ramai-ramai nonton transit venus! 
Foto: imagineeringezine
Planet Venus akan tampak sebagai titik kecil yang bergerak di Matahari. Namun kejadian ini benar-benar langka dan terjadi ratusan tahun sekali.

Seperti peristiwa gerhana, transit Venus bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Tapi untuk lebih amannya, kamu bisa menggunakan film lensa atau kacamata hitam anti cahaya.
Transit venus ini terlihat sangat kecil. Mungkin hanya setitik hitam saja. Nah, kalau ingin lebih jelas, kamu bisa menggunakan bantuan teleskop.

Kalaupun tak punya teleskop atau tak sempat menyiapkan alat bantu agar aman melihat Transit Venus, kamu bisa datang ke Planetarium di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada hari Rabu (6/6/2012).

"Tanggal 6 Juni nanti, HAAJ telah menyiapkan teleskop berbagai ukuran dan filter matahari untuk melihat bersama-sama," kata Muhammad Rayhan, Ketua Himpunan Astronom Amatir Jakarta (HAAJ), dalam talkshow "Transit of Venus at Kompas.com (Trovak)" yang digelar di @america Jakarta, Senin (28/5/2012).

O, ya, kamu siap-siap bangun pagi, yah! Soalnya, menurut Kak Rayhan, Transit Venus akan berlangsung pada Rabu (6/6/2012) mulai pukul 05.10 WIB.

Namun, karena saat proses awal Matahari belum tenggelam, peristiwa ini belum dapat disaksikan. Begitu Matahari terbit, Transit Venus sudah bisa langsung dilihat sampai selesai hingga sekitar pukul 11.00 WIB.
Wah, wah, karena ini peristiwa yang jarang terjadi, pemantauan kali ini bakal dilakukan komunitas astronomi di seluruh dunia. Seluruh dunia tentu akan menyambut peristiwa ini, apalagi Transit Venus berikutnya baru akan terjadi lagi pada tahun 2117.

Huaaaa, kira-kira kita masih ada enggak, yah di tahun itu? Kalau enggak mau ketinggalan, tandai kalendermu di hari Rabu (6/6/2012), buat nonton Transit Venus ramai-ramai! (Kompas.com)

0 komentar:

Posting Komentar