23 Mei 2012

Ponsel Dengan Layar Sentuh Setipis Kartu ATM Segera Lahir

Ponsel menjadi sebuah kebutuhan primer bagi setiap orang. Denga mobilitas yang semakin tinggi, ponsel juga dituntut agar mudah dibawa dan nyaman digenggaman. Tak seperti 10 tahun lalu, bentuk ponsel yang kecil namun tebal , saat ini desain ponsel berubah sebaliknya. Desain ponsel diarahkan dengan layar yang cukup lebar namun meiliki ketebalan yang tipis. Hal itu dimaksudkan untuk mendukung performa grafis dan multimedia yang menjadi fitur unggulan smartphone.
ilustrasi layar sentuh - about.com
Saat ini, ponsel tertipis di dunia masih dipegang oleh Ascend P1 S dengan ketebalan 6,1 mm. Namun agaknya posisi itu akan segera tergeser oleh hadirnya inovasi baru sebuah perusahaan asal jepang. Perusahaan yang bernama NanoOpto tersebut kini sedang mengembangkan layar sentuh dengan ketebalan 0,5 milimeter setara ketebalan kartu ATM anda.
Layar panel sentuh tersebut  dibuat dengan membentuk elektroda sensor sentuh kapasitif di lempeng kaca, kemudian diperkuat oleh bahan kimia yang akan menutupi ponsel atau tablet.
NanoOpto menyebut teknologinya tersebut sebagai All-in-one Touch Panel. Keunggulan lain yang dimiliki oleh panel layar sentuh tersebut selain mempunyai bentuk tipis, dia juga mampu mengurangi komponen penyusun layar. Pada umumnya layar tersusun atas 3 komponen yatu tutup,panel sentuh,dan panel lcd. Sedangkan NanoOpto mengembangkan 2 komponen yaitu panel "baru" itu dan panel LCD.Dengan demikian, layar sentuh menjadi lebih tipis dan beratnya berkurang 40% meskipun ukuran layar mencapai 4,5 inchi
Secara resmi, NanoOpto mengatakan bahwa panel tersebut akan mulai diproduksi pada Agustus 2012 nanti. Untuk saat ini pihaknya baru mengerjakan proses lembaran berupa pemotongan dan pemrosesan substrat kaca berukuran besar yang kemudian dilakukan penguatan dengan menambah bahan kimia.
Dengan penemuan panel ini, maka bentuk ponsel akan semakin tiipis. Jadi siapkah Anda untuk teknologi baru ini?

0 komentar:

Posting Komentar