12 Mei 2012

Soundwave, Teknologi Sensor Gerak Terbaru dari Microsoft

Soundwave
Teknologi sensor gerak hasil kreasi Microsoft yang disebut Kinect tampaknya telah membuat banyak kalangan terpikat. Bukan hanya gamer, teknologi itu pun telah menyita perhatian para ilmuwan komputer, insinyur, atau bahkan seniman.
Seolah belum cukup puas dengan teknologi Kinect, Microsoft kembali menggarap sebuah proyek yang menawarkan kontrol gerakan yang didukung dengan speaker komputer, mikrofon, dan beberapa elemen suara yang tak terdengar.
Dikutip Stiven Blogspot dari via Gizmodo, untuk mendeteksi gerakan, teknologi yang dinamakan sebagai Soundwave itu memanfaatkan efek Doppler.
Dengan bantuan speaker komputer dan mikrofon, Soundwave dapat mendeteksi perubahan frekuensi dari gelombang suara dengan menggunakan suara yang tak terdengar itu dan mengukur perubahan feedback yang dihasilkan dari gerakan tangan.
Hebatnya lagi, meskipun ada suara bising di sekitar notebook, Soundwave masih tetap dapat mendeteksi gerakan. Bahkan, teknologi ini dapat mendeteksi gerakan ketika seseorang berjalan atau jauh dari komputer, dan meresponnya dengan membuka atau mengunci perangkat.
Ingin tahu lebih jauh tentang cara kerja Soundwave, simak video berikut:

0 komentar:

Posting Komentar