23 Mei 2012

Seniman Ciptakan Bola Lampu dari Kayu

Sebuah bola lampu dari kayu, mungkin akan terdengar mustahil bagi anda. Bagaimana sebuah kayu bisa bersinar tanpa adanya percikan api? Namun seorang seniman yang berasal dari jepang hal itu bisa dimungkinkan. Ryosuke fukada telah menciptakan sebuah bola lampu dari kayu dengan merancang sebuah lapisan kayu yang sangat tipis kemudian digunakan untuk membungkus lampu LED. Karena lampu LED hanya menghasilkan sedikit panas, maka resiko kebakaran pun semakin kecil. Sebaliknya, bola lampu menghasilkan efek cahaya lembut.
Menurut Fukada, bola lampu diciptakan dari perpaduan desain modern dan teknik kerajinan tradisional. Dia menggunakan teknik Rokuro untuk mendapatkan ketebalan kayu yang sangat tipis. Sedangkan untuk memberikan cahaya terlihat modern, ia merancang soket aluminium yang berasal dari bahan daur ulang.
Proyek Lampu dari Kayu ini merupakan pemenang kompetisi desain  Renaisans Kyoto dan masih dalam pengembangan.
Ini merupakan sebuah inovasi yang mengajak orang Jepang menggunakan energi dengan hemat. Orang Jepang sudah lama menggunakan penerangan lampu dengan lampion dari kertas atau bahan lainnya, namun teknologi yang ereka pakai seringkali menghasilkan panas berlebih dan tidak hemat energi. Dengan adanya lampu dari kayu ini, Fukada berharap bisa tetap melestarikan warisan budaya jepang tetapi ramah lingkungan.
Penasaran seperti apa bloa lampu tersebut, berikut ini videonya
diterjemahkan dari Mashable.com

0 komentar:

Posting Komentar